Kamis, 28 Oktober 2010

share experiences

Kenalkan…
Nama saya Annisa Rizky Ramadhan, lebih akrab dipanggil icha.
alumni smanti angkatan 2006, dan sekarang kuliah di Swiss German University.
Cha mo bagi cerita ne, moga2 bisa bermanfaat bagi semuanya.

 cha mau kasih tau dulu di SGU cha di fakultas Life Science (LS) jurusan Pharmaceutical Engineering. Kesan yang icha dapat adalah bahwa kuliah di SGU cha di tuntut untuk menjadi orang yang disiplin dan tidak mengulur-ngulur waktu dalam melakukan sesuatu hal yang memang tidak perlu untuk di tunda. Sistem belajar di SGU agak berbeda dengan universitas lainnya. Di SGU jumlah SKSnya sudah di tentukan dan cha tinggal menjalankannya,kemudian jadwal kuliahnya lumayan padat, ada jadwal kuliah yang mulainya jam 7 pagi dan terkadang kalau sudah ada mata kuliah yang praktek di lab. terkadang cha harus di kampus paling lama ampe jm 19.30. Sistemnya mirip kayak di SMA semua sudah di atur tinggal di jalani dengan penuh tanggung jawab dan semangat. Di SGU proses KBM tak lepas dari bahasa inggris, tapi ya kalau sama teman2 komunikasi pakai bahasa indonesia. Menurut cha yang paling menarik dari SGU adalah sistem kuliahnya dimana program semeter 3nya itu internship di Indonesia (magang) dan semester 6nya internship di jerman selama 6 bulan dan juga SGU menyediakan double degree untuk mahasiswanya yang berangkat magang di jerman.

Suka dukanya sih, ya saat awal-awal kuliah cha masih belum sangat terbiasa belajar dalam bahasa inggris baik itu belajar di kampus, mengerjakan tugas2, saat quiz dan saat FE . Jadinya cha harus belajar lebih extra agar enggak ketinggalan karena bahasa inggris cha belum cukup fasih. Tapi semakin lama juga nantinya akan terbiasa, setidaknya saat semester 2 cha merasa sudah nyaman belajar dengan bahasa inggris walaupun harus selalu buka kamus inggris-indonesia. Di SGU juga banyak kegiatan extra seperti BEM,MPM, Angklung, fotografi,dll... Masalah pergaulan, temen-temen cha alhamdulillah asyik, ya intinya jugakan tergantung gimana kitanya dalam menempatkan diri dalam pergaulan sehari-hari dan dalam mencari teman.
Pengalaman menarik kuliah diSGU.  Eemmm.. banyak hal sih yang menarik, saat semester 1 semua life science mahasiswa mendapat seminar tentang biopharma dan pembicaranya dari jerman, terus tiap tahun ada acara “LS Nigth” bagi anak2 life science dan ada juga “SGU Night”. Dan saat semester 2  mahasiswa LS dan Bussiness mendapat program excursion. Kalau cha semester 2 kemaren excursionnya ke pabrik UC 1000.
Dan sekarang sampai Desember nanti,cha menjalani program internship semester 3 cha di Kalbe Farma.

mungkin itu dulu ya, lain kali disambung lagi. kalian pasti bisa kok mendapatkan pengalaman yang lebih dari icha. yang terpenting belajar tekun  dan memiliki kepercayaan bahwa angan dan cita2 kalian suatu saat akan tercapai.
banggalah menjadi siswa/i SMAN 3 Mataram karena siswa smanti bisa mengukir prestasi sampai kanca Internasional.
gunakan fasilitas dan kesempatan yang disediakan sekolah dengan sebaik-baiknya, okeh.
^_^


2 komentar:

Anonim mengatakan...

hmmmm
kayana critanya kakak seru bngeet..
bner tu kak...
bsok" bagi cerita lg iaa
fotonya jga d perbanyag kak
hehehe

Anonim mengatakan...

iya insya allah bsok2 cha share lg,,

Klo mw tanya tntang SGU jg boleh...

Posting Komentar

Jangan Lupa comment ya :)

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes