Senin, 17 Januari 2011

7 Keunikan Smanti





7 keunikan SMAN 3 Mataram yang patut kita acungi jempol.....

warga Smanti pasti sudah pada tau kan apa keunikan itu ?
yuk kita ulas satu persatu....!
  
1. Satu-satunya sekolah PASCH di NTB 
     SMAN 3 Mataram (smanti) diresmikan menjasi sekolah mitra menuju masa depan (PASCH) pada 18 November 2008. Tau nggak ? sekolah kita ini merupakan salah satu dari 10 sekolah PASCH yang pertama di Indonesia dan salah satu dari 1000 sekolah PASCH yang ada di dunia. keren kan ? tapi pada tau nggak kenapa sekolah kita yang terpilih jadi salah satu dari sekolah PASCH yang ada di dunia ? Yuk kita tanya langsung ke salah satu pengajar Bahasa Jerman di sekolah kita ini. Yaitu Bu Hj. Retno Pudji Astuti. Guru  yang mengajar sudah lebih dari 29 tahun ini mengatakan bahwa : 
  1. SMAN 3 Mataram memang sudah sejak lama menjalin hubungan dengan pemerintah Jerman atau Goethe Institute
  2. Kurikulum SMAN 3 Mataram dari awal sampai sekarang menggunakan bahasa jerman sebagai bahasa asingnya
  3. Misi SMAN 3 Mataram adalah berbahasa indonesia yang baik dan benar serta berkemampuan berbahasa asing (Bahasa Jerman)
  4. Daya dukung berupa sarana dan prasarana yang memadai seperti halnya memiliki buku bahasa jerman yang lengkap.
2. Model Sekolah BPKBK
     Smanti yang bervisi dan misi-kan imtaq ternyata merupakan salah satu alasan mengapa sekolah kita ini terpilih menjadi sekolah model Budi Perkerti Karakter Bangsa dan Kewirausahaan (BPKBK). Teman-teman tau nggak ? kita merupakan satu-satunya SMA di NTB yang menjadi sekolah BPKBK ! selain kita yang merupakan sekolah model BPKBK adalah SMKN 2 Mataram, SMPN 10 Mataram, SDN 44 Mataram, SDN 38 Mataram, TK Negeri Pembina, Paud dan PKBM di sayang-sayang. Di Indonesia hanya ada 18 provinsi yang diangkat sebagai sekolah BPKBK dan salah satunya NTB
3. Tiap Sore Selalu Rame
     Di smanti, seluruh siswa mengikuti kegiatan akademik yang berlangsung dari pukul 7.30 hingga 14.05. Sedangkan kegiatan non akademik seperti ekstrakulikuler biasanya dilakukan di sore hari pada waktu tertentu. Dan bukan hanya siswa dari smanti saja yang melakukan kegiatan ekstrakulikuler di sekolah kita, namun masih banyak lagi siswa-siswi dari sekolah lain yang ikut melaksanakan ekstrakulikuler mereka di sekolah kita. Oleh karena itulah sekolah kita selalu rame !!
4. Nggak Pernah Pulang Cepet
     Alasan mengapa smanti tidak pernah pulang cepet. kecuali 17-an atau ada hal yang sangat amat mendesak adalah..
  1. SMAN 3 Mataram merupakan SMA yang ingin menjadi sekolah yang taat pada peraturan, sehingga jadi sekolah yang baik.
  2. SMAN 3 Mataram akan tetap komitmen dalam menjalankan visi dan misi yang telah dibuat : shidiq, Amanah, Tabligh, Fatanah !
5. Bangunan Masjid yang Besar
     Masjid Nurul Huda yang terdapat di SMAN 3 Mataram, dibangun sekitar tahun 98-an. Masjid yang terletak di sekolah kita ini merupakan masjid terbesar dari masjid-masjid atau mushola yang terdapat di sekolah-sekolah lain di NTB. Dengan adanya masjid ini, rencananya akan dilaksanakan imtaq bersama yang dikenal dengann proyek 'Segitiga Emas'. Segitiga Emas ini meliputi beberapa sekolah tetangga.
SMAN 3 Mataram yang bervisikan "Shidiq, Amanah, Tabligh, Fatanah" merupakan salah satu alasan mengapa masjid nurul huda begitu besar. Dari penuturan Bapak Seruri selaku seksi perlengkapan SMAN 3 Mataram, Masjid kita akan lebih dimegahkan lagi dengan menghabiskan dana sekitar 400-500 juta rupiah. Dan dana-dana tersebut didapatkan dari komite, guru-guru pegawai, siswa-siswi dan sumbangan dari beberapa kelompok masyarakat.
6. Tata Tertib yang Grrrr
     Tata tertib di sekolah kita ini memang agak berbeda dari sekolah-sekolah lain. Pada adasarnya sih semua peraturan di sekolah sama saja, tapi bedanya adalah komitmen dari setiap warga sekolah yang menaatinya. Pasti warga smanti udah pada familiar dengan 23guru yang rutin mengadakan razia, siapa lagi kalau bukan Ibu Dayu, Pak Sukandie dan Pak Rinawang. Jadi hati-hati ya, jangan lupa sepatu dan tali hitamnya, kaus kaki putihnya, dasinya, kerapian bajunya, dan jangan bawa handphone ke sekolah ya !

7. Bangunan Luas Seperti RS
     Banguna sekolah kita ini harus diakui berbeda dari sekolah-sekolah lain yang rata-rata bertingkat-tingkat. Makanya banyak yang bilang sekolah kita ini mirip rumah sakit, apalagi koridornya yang panjang dan banyak lorongnya, persis rumah sakit. Wajarlah soalnya sekolah kita ini salah satu sekolah tertua yang dibangun sekitar tahun 73 
Sejarahnya :
"Sekolah kita ini dulunya adalah sebuah sekolah menengah pembangunan pertama (SMPP) terus berubah nama menjadi SMA 2 Mataram, kemudian menjadi SMU 3 Mataram, eh...dirubah lagi jadi SMAN 3 Mataram" Ujar Bu Hj. Retno yang kerap disapa Frau Retno ini.
Dan tau nggak segimana luas SMAN 3 masa lampau ?
Dulunya, sekolah kita punya lapangan bola sendiri (bukan lapangan futsal), lapangan badmintoon dan lapangan tenis sendiri. Dan satu lagi....dulunya sekolah kita punya sawah sendiri. Kebayang kan gimana luasnya ? Tapi, lama kelamaan sekolah kita menjadi semakin sempit karena diminta untuk membagi lahan menjadi beberapa bagian, diantaranya menjadi SMPN 13 Mataram, Jaka Mandala, TK Pembina sampai batas Asrama APDN Sekarang...

***********

Nah itulah sedikit kilasan mengenai keunikan SMAN 3 Mataram...
Untuk tau yang lebih banyak, join bersama kita ^^

14 komentar:

elmahirotravel mengatakan...

ya emang bener kayak RS..aku ingat dulu waktu masih jadi siswa.unik dan mungkin the only one...bravo buat sman 3 mataram I Love U...

Anonim mengatakan...

jadi kangen smanti kalo baca............

Anonim mengatakan...

Wah bangga neh jd alumni SMANTI,,,ckckckc

FLY HI.....SMANTI

Anonim mengatakan...

ckckck,,,
ceritanya mengingatkan masa2 indah di SMANTI,,,

go smanti,,,
always love you forever,,
hahaha,,,

Scrambird mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Scrambird mengatakan...

WOW.!!
saya baru tau kalo SMANTI dulunya punya sawah sendiri..
kalau boleh tau, lokasinya dimana?
um.. maksud sy.. sekarang udah jadi bangunan apa?


Oh iya, kalo sempat, mampir ke Http://scrambird.blogspot.com/ juga ya..
siapa tau bisa jadi partner.. hhahaa

Anonim mengatakan...

Saya bangga anak saya sekplah di SMA 3 MATARAM karena pelaturannya sangat baik sekali

Anonim mengatakan...

Wah...Frau Retno masih eksis ya>>>
Tolong sampaikan dong ke beliau, saya mau belajar Bahasa Jerman lagi, InsyaAllah kalau ada karunia saya hendak tugas di Jerman. Alumni 2007

Anonim mengatakan...

Thats y im so proud of u. Sofie(2001)

Anonim mengatakan...

smanti eeq

Anonim mengatakan...

waaaaah,, kereen bangt,..
mdahan bsa msuk sna :D
hahaha

Anonim mengatakan...

Bismillah

Anonim mengatakan...

katanya smanti pamornya udh turun ya karna bnyak siswanya yg bolos.
Trus gmana sama guru gurunya??

karim atahir mengatakan...

Ya bener... dulu kami ada lapangan sepak bola sendiri.. saya tamatan thn 1981-1982... waktu itu bu retno... guru baru ngajar bhs jerman.

Poskan Komentar

Jangan Lupa comment ya :)

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes